Keyakinan pada Tao



Hai guys..............saatnya  meningkatkan rohani ok? Siip deh..........banyak kerjaan boleh tapi jangan lupa sama Tuhan ya...... edisi kali ini saya akan mengulas tentang keyakinan terhadap Jalan keTuhanan.



Keyakinan ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan yang penting harus diterapkan pada saat kita berinteraksi dengan sesama.

Keyakinan diibaratkan palu. Bingung? Saat kita mengalami suatu kesulitan, kita harus lebih mengeluarkan keyakinan kita yang nantinya keyakinan ini bisa menghancurkan masalah-masalah yang kita alami. 


Sien Fo (para suci/Buddha) mengatakan” sebelum mengerjakan sesuatu, kita harus mempunyai pondasi yang kuat yaitu BISA DIPERCAYA!” apapun yang kita kerjakan harus dengan kejujuran. Apabila tidak ada kejujuran, maka kita tidak akan di percaya oleh siapapu. Jangan melihat sesuatu hanya untuk menguntungkan diri sendiri yang akhirnya mencari jalan yang tidak sesuai dengan kebenaran sejati. Apabila kadang-kadang sesutu yang tidak berjalan dengan yang kita mau ataupun tidak sesuai dengan keinginan kita tapi kalau itu sesuai dengan kebenaran sejati, ada saatnya kita kita harus berkorban. Berkorban demi kebaikan ataupun kebenaran sejati, maka jalan yang akan kita jalani akan semakin baik di mata Tuhan. 


Pepatah mengatakan “ penyesalan selalu datang terlambat” BENAR! Oleh karena itu kita jangan berjalan  di jalan kesalahan yang akhirnya kita akan menyesal. Sien Fo selalu mengingatkan kita agar selalu jujur pada diri sendiri dan pada orang lain maka kita akan semakin dekat dengan Nirwana. Siapa yang tidak mau masuk Surga/Nirwana? Orang yang sering melakukan kejahatan juga ingin masuk Surga (Nirwana). Lalu mengapa mulai sekarang kita tidak belajar untuk jujur?


Jangan menganggap remeh keyakinan. Keyakinan dapat memberikan kita suatu kekuatan dan semangat dalam menjalani kehidupan yang tidak kekal ini. Yakinkan juga dengan kuat dalam diri kita untuk menjalani Tao. Tao adalah sumber segala kebenaran di dunia. Semua agama saya yakin mengajarkan kebenaran, kebenaran menurut Tuhan (Lao Mu) adalah kebenaran sejati. Jangan berjalan karena kebenaran menurut diri sendiri karena hal itu adalah kosong. Tuhan (Lao Mu) tidak membenarkan segala sesuatu menurut hati tiap individu. 


Setiap individu mempunyai keyakinan terhadap rohaninya masing-masing tapi semua itu tetap kembali pada Tuhan (Lao Mu). Tuhan adalah kekuatan buat kita menjalani kerasnya,kejamnya dunia ini oleh karena itu YAKINLAH PADA JALAN TUHAN!JALANLAH BERSAMA TUHAN! Tuhan bukan hanya sayang pada orang kaya saja tetapi Tuhan menyayangi,mencintai,memberikan kasihnya pada orang yang percaya padaNYA,yang berjalan bersamaNYA,yang tidak lupa padaNya saat senang maupun susah. 


Saya percaya pada keyakinan saya yaitu TAO (jalan keTuhanan).mengapa ? karena semua yang di ajarkan, yang terkandung di dalamnya adalah tentang kebenaran sejati yang tidak memilih ataupun membeda-bedakan manusia sesuai ras,lain negara,beda warna kulit,beda bahasa maupu beda kerohanian. Semua umat manusia di dunia ini adalah anak-anaknya yang sedang tersesat dan belum bisa menemukan jalan  ‘pulang’ padaNya.

Oleh karena itu Tuhan (Lao Mu) menurunkan malaikat-malaikat menyerupai bentuk manusia untuk mengarahkan jalan yang benar agar kita tidak tersesat.  Siapakah malaikat-malaikat itu? Mereka adalah orang-orang yang mengajak kita untuk masuk dalam suatu kebenaran sejati, yang tidak menjelek-jelekkan keyakinan rohani orang lain. Sangat susah untuk membeda mana malaikat mana yang bukan karena mereka mempunyai bentuk seperti kita yaitu memakai badan manusia. 

Tapi jangan takut.....tutuplah matamu,jangan melihat orang lain, lihatlah melalui hati, maka semua akan terlihat dengan jelas. Hati kita tidak membohongi atau membuat sesat diri kita karena hati kita adalah hati yang selalu connect pada Tuhan (Lao Mu)



Selesai sudah ulasan saya tentang edisi ini. Semoga ulasan saya ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat bersama-sama membina diri dan berjalan sesuai kebenaran Tuhan(Lao Mu). Akhir kata saya ingin mengatakan agar selalu berhati-hati pada sesama yang ingin mengajak kita untuk melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak sesuai dengan kebenaran sejati (kebenaran Lao Mu). Kansie Lao Mu ce bei, kansie Sien Fo ce bei, kansie Tien Juan Se ce bei..........................

Memupuk Kebajikan




Hai everybody.....do you miss me.....hahahahahah. Long time no see guys.........sorry because i’ve lots work to do.....

Now a i have some news to share with you all.....


Baru – baru ini saya ikut kelas Dharma memupuk kebajikan di He Ming Fothang. Kelas pembabaran Dharma ini di adakan setiap 2x setahun. Kondisinya sangat menyenangkan sekali meskipun ada beberapa peserta yang tertidur.... tapi kebanyakan peserta yang sudah berumur. Maklumlah karena selama hidupnya mereka sudah banyak mendengarkan orang ceramah. Tapi sebaiknya jangan tertidur . Mengapa? Karena hanya dengan sedikit kita tertidur,ilmu kebenaran yang  cocok dengan kita,tidak bisa kita dapatkan....ada lagi nih yang seru.... kelas ini selalu kita di beri petunjuk dari SIEN FO (BUDDHA). Bingung? SIEN FO datang memberikan kita wejangan ataupun petunjuk dengan cara perantara yaitu melalui badan suci dari SAN CHAI ( tribakat yang sejak lahirnya sudah suci. Mereka adalah perantara antara langit dan dunia). Lebih jelasnya,akan saya babarkan di kemudian hari yah...........


Kelas memupuk kebajikan (Bei Te Ban) hari pertama.

Pagi hari benar – benar beruntung karena SIEN FO TA SIEN datang untuk memberikan kita wejangan ataupun TAO LI (kebenaran sejati).  Beliau mengatakan agar kita harus ada semangat dalam diri untuk selalu memupuk kebajikan dan selalu waspada dalam tutur kata. Percaya atau tidak,beberapa masalah yang kita hadapi dikarenakan kita berucap salah maupun dengan nada tinggi (kasar) yang bisa membuat kondisi menjadi salah paham.  Mengapa di dunia ini selalu ada masalah yang membuat kita pusing bahkan stress? Karena dengan adanya masalah ataupun perjalan hidup yang berliku-liku, para suci menguji keteguhan hati kita dalam membina diri. Manusia yang selalu mempunyai keteguhan dalam menjalani hidup ini sesuai kebenaran suci, maka setelah masa kita di dunia telah “habis”, kita bisa hidup abadi bersama para suci di Nirwana. Nirwana ada rumah kita yang penuh dengan kebahagiaan dan kedamaian. Hanya yang mempunyai hati BUDDHA (hati baik sejati) saya yang bisa tinggal di Nirwana. Dengan bimbingan para suci,kita dapat menjalaninya dengan benar.

SIEN FO TA SIEN juga mengingatkan bahwa kita hidup di dunia ini tidak lama, cepat-cepatlah berbuat amal kebajikan dan jasa pahala. Karena yang kita bawa unutk masuk ke pintu Nirwana bukan materi melainkan besar kecilnya amal kebajikan dan jasa pahala yang kita tanam selama hidup di dunia. Ada 3 amal yang bisa kita perbuat untuk menambah jasa pahala kita yaitu:

a.      Amal Dana.

Seperti yang kita tau bahwa dana adalah sebuah materi (uang).  Kita bisa menggunakan materi ini untuk membantu pembangunan rumah suci ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan urusan suci. Hal  ini bisa membantu mengurangi karma buruk kita di kehidupan lalu.


b.      Amal Dharma

Yaitu kita menyebarkan kebenaran sejati  (TAO LI) pada semua orang agar mereka mengikuti jalan KeTuhanan ini.  Di tempat saya, ada suatu ritual membuka pintu suci, dimana semua orang ada dan letaknya di tempat yang di rahasiaka. Mengapa? Karena apabila kita menyebarkan luaskan secara umum tanda adanya perlindungan dari para suci maka karma-karma yang selalu mngikuti kita bisa mengetahui dan hal ini dapat membuat keonaran di Nirwana. Bukan hanya membuka pintu suci saja yang kita dapatkan tetapi kita akan mendapatkan kunci masuk pintu ke alam Nirwana ( 3 mustika).  


c.       Amal Tenaga

Amal ini yaitu kita membersihkan rumah suci. Pasti kebanyakan orang berpikir,sudah capek urus rumah,bersih-bersih ga selesai malah bersihkan rumah suci.  Janganlah berpikir begitu! Banyak manfaat yang kita dapatkan apabila kita melakukan amal tenaga yaitu kita membersihkan kekotoran batin kita, intropeksi diri (saat kita membersihkan rumah suci, pikiran dan hati kita akan kembali tenang dan damai. Itu bener loh....saya sudah mempraktekannya  berulang kali) jangan takut kecapean atau sakit karena hal itu karena selama ini saya lakukan malah saya dan suami saya tambah sehat dan semangat. Ada kepuasan tersendiri apabila kita melakukannya dengan ikhlas.



Apabila kita melakukan 3 amal sekaligus maka bahagialah hidup kita ini karena apa yang kita lakukan tiap hari tidak sia-sia. Coba kita hitung: dalam sehari aja kita melakukan 1 kebaikan (amal), dalam setahun kita melakukan 365 kebaikan. Kalo kita lakukan bertahun-tahun, bukankah kita sudah banyak melakukan amal banyak sekali. Itu hanya 1 kebaikan aja loh.......tidak susah melakukan kebaikan tiap hari. Contoh: kita punya teman yang sedang kesusahan dalam keluarganya, lalu kita memberikan solusi dengan azas kebenaran. Setelah teman kita pulang kerumahnya dan mempraktekannya, hari itu juga keluarganya menjadi damai dan bahagia. Bukankah kita sudah memberikan kebahagiaan pada orang dan sudah melakukan kebaikan ataupun kebenaran, kita mendapatkan reward dari para suci. Bukankah hati kita juga mendapat kebahagiaan. Sekali tembak langsung dapat 2 (kita hanya mengucapkan kebenaran, keluarga teman kita bahagia dan hati kita juga bahagia. Bukankah hal itu sangat menyenangkan hati). Itu hanya contoh kecil.....masih banyak hal kebaikan dan kebenaran yang dapat kita lakukan untuk diri sendiri maupun orang lain. Kebenaran dan kebaikan bukan hanya bisa dilakukan oleh orang – orang yang mendapat tugas suci tapi semua orang dapat melakukannya, bahkan anak kecil sekalipun bisa.



Pray Together
SIEN FO TA SIEN juga mengingatkan : apapun yang kita hadapi,senang maupun susah kita harus selalu bersyukur. Apa manfaat dari kita bersyukur? Dengan kita bersyukur kita akan selalu dekat dengan YANG MAHA KUASA. Jangan hanya saat kita susah saja kita baru ingat. Saya kita jaya maupun saat kita ekonomi kita di ‘bawah’. Kita harus selalu ingat pada Beliau. Kita bisa bersyukur karena kita sehat ,bahagia dengan keluarga meskipun ekonomi kita sedang tidak bagus. Dalam hal apapun kita selalu harus mengucapkan syukur (gan en).



Ada hal yang sangat penting disampaikan oleh SIN FO TA SIEN: “Ini adalah akhir jaman, banyak aliran agama yang bermunculan yang membuat kita bingung untuk berjalan ke arah yang mana. Dan sulit membedakan yang asli atau sesat”. Kita harus mempunyai keteguhan dan keyakinan diri bahwa jalan keTuhanan adalah satu-satunya jalan yang BENAR. . hal ini memerlukan pemahaman yang sangat dalam di jalan keTuhanan agar  kita tidak terjebak /tersesat pada banyaknya aliran-aliran. Pedoman kita adalah Jalan keTuhanan.



Semakin banyak ilmu yang kita dalami dan kita dapatkan di Jalan keTuhanan, semakin banyak kearifan dalam diri kita. Hal itu juga bisa membuat kita membedakan yang asli atau palsu.



Pandita saya mengajarkan beberapa cara untuk meningkatkan kebajikan:

1.      Harus bisa menghilangkan / memutuskan pikiran-pikiran negatif. Apabila dalam pikiran kita akan mucul hal-hal yang tidak baik, cepat-cepatlah singkirkan/benamkan/putuskan/alihkan. Agar kita tidak terseret arus karma buruk. Berjuanglah sekuat tenaga untuk mengatasinya. Apabila susah, saat pikiran negatif datang bacalah buku suci berulang kali sampai kita fokus pada pemahan buku suci itu. Hal itu berguna bagi saya karena saya sudah mempraktekannya. Semoga juga bisa berguna bagi kalian.

2.      Harus bisa mengikis sifat angkuh/sombong dalam diri kita. Meskipun kita di bangga-banggakan atau disanjung-sanjung orang lain. Jangan selalu berpuas diri. Tapi jadikanlah hal itu sebagai semangat untuk kita terus maju melakukan kebaikan dan kebenaran dalam kehidupan sehari-hari.



Ada wejangan SIN FO yang dibabarkan oleh pandita saya yaitu:

Gunakan dengan baik kedua mata kita untuk melihat jelas waktunya

( maksud: waktu yang kita tidak banyak untuk berbuat kebaikan di dunia ini)

Gunakan dengan baik kedua telinga kita untuk mendengarkan Dharma hati

Gunakan dengan baik kedua tangan kita untuk berbuat jasa pahala dan kebajikan

Gunakan dengan baik kedua kaki kita untuk menghampiri dan menjemput orang yang berjodoh pada kita



Way To Nirwana
Saya akan sedikit mengulas sedikit tentang  pintu suci dan 3 mustika. Semua itu adalah password untuk kita masuk dalam pintu Nirwana. Bukan hanya untuk beragama Buddha aja yang bisa mendapatkannya. Semua bisa mendapatkan asal ada jodoh dengan Yang Maha Kuasa. Jalan keTuhanan adalah suatu jalan universal yang siapa pun bisa mendapatkan, tidak melihat perbedaan ras ataupun berbeda rohani. Kita semua adalah makhluk hidup ciptaan Yang Maha Kuasa. Asalkan mau bertobat,membina diri menjadi baik maka Yang Maha Kuasa akan memberikan kunci ini. Hal ini bisa didapatkan dengan mengikuti ritual yang sakral dan dalam perlindungan para suci,dinamakan ritual JIU TAO.


Saya sebagai umat Jalan keTuhanan hanyalah sebagai perantara yang dipakai Yang Maha Kuasa untuk membantu orang-orang yang ingin mendapatkan kunci pintu Nirwana dan saya ikhlas melakukannya agar saya dapat mengajak orang-orang untuk berbuat kebaikan. Sangat membahagiakan bila kita ‘pulang’ ke Nirwana bersama-sama. Karena kita semua adalah saudara,meskipun berbeda negara,berbeda bahasa,berbeda adat,berbeda keyakinan,berbeda sifat. Di mata Yang Maha Kuasa,kita semua adalah anak-anaknya. Dan Yang Maha Kuasa menunggu kita agar kembali bersama denganNYA. 



Mari kita bersama-sama berbuat jasa pahala dan kebajikan. Saya siap membantu apabila kalian semua ingin bergandengan tangan dengan saya berjalan di Jalan keTuhanan. Begitu banyak bencana di dunia saat ini, cepat-cepatlah kita berbuat kebaikan dan mengajak sesama untuk berbuat jasa pahala dan kebajikan.



Sekian ulasan yang ingin saya bagikan dengan kalian semua. Semoga hal ini berguna untuk kehidupan sehari-hari kalian semua. Maaf apabila ada salah ketik ataupun maksud yang dapat mengakibatkan salah paham. Saya tidak ada maksud  untuk berbuat kesalah pahaman ataupun kekacauan yang dapat mengakibatkan kerusuhan antar sesama ataupun antar beda rohani. Info ini hanya untuk membantu menyebarkan kebaikan di dunia ini.


Apabila ada pertanyaan atas info yang kurang jelas ataupun hal-hal baik yang ingin kalian dapatkan. Silahkan contact saya di 08123563218. Saya berdomisili di Surabaya (Indonesia). Apabila kalian berdomisili di tempat lain, saya juga akan membantu dengan berkomunikasi dengan cabang-cabang yang dekat dengan domisili anda sekalian. Saya juga menerima saran yang membangun. Maaf saya tidak menerima saran yang hanya untuk memperolok ataupun ejekan karena hal itu tidak di benarkan dalam TAO LI. Sekiranya para budiman menerima niat baik saya ini. 


Akhir kata, saya ucapkan para budiman bahagia, senantiasa sehat dan selalu lancar dalam membina ataupun hal-hal baik lainnya. Tidak lupa saya ucapkan banyak terimakasih pada para suci yang sudah memberikan hal-hal baik pada saya dan para pandita yang juga sudah membimbing saya dan juga memberikan hal-hal kebenaran. Ulasan di atas saya dapatkan dari SIN FO TA SIEN dan pandita dari Thailand.
 KAN XIE LAO MU CE BEI, KANSIE TIEN JUAN SE CE BEI........













MANFAATKAN KESEMPATAN UNTUK BERTOBAT

sekarang saya ingin mengulas tentang bagaimana kesempatan kita untuk bertobat di dunia yang banyak sekali bencana.

Seberapa Besar Dosa Kita?
# manusia terlahir ke dunua dikarenakan membawa hutang karma. Jika tidak ada hutang karma tidak akan terlahir kembali kedunia sebagai manusia selama 60.000 tahun. berarti kita sudah berada di dunia selama 60.000 tahun sebagai manusia dengan wajah,tabiat,sifat,status yang berbeda-beda, hanya saja kita tidak pernah ingat siapa kita dulunya.#

Sudah seharusnya kita menggunakan badan yang palsu ini unutk membuat kebaikan,agar kita kembali ke Nirwana "nantinya".HATI  menentukan apapun yang terjadi pada diri kita.

Untuk menjadi Buddha kita harus mempunyai HATI yang baik. 
Dharma Sejati yang kita dapat untuk menjalani hidup ini harus belajar dari HATI.
Rejeki yang kita cari atau yang kita dapat berasal dari HATI
Kebajikan kita harus dipupuk dari HATI
Jasa Pahala harus dijalankan dari HATI
Bencana yang terjadi pada diri kita juga dari HATI 
(contoh: apabila kita suka membicarakan keburukan orang lain yang belum tentu benar pasti akan berakibat buruk pada kita sendiri)

INGIN PULANG KE SURGA (NIRWANA)?
Harus belajar TAO LI (kebenaran sejati) di dunia. Di dunia kita berbuat apa ataupun menjadi apa maka kedepannya, menjadi seperti itu pulalah kita.

7an Pertobatan:
1) Mengikis kekotoran batin
2) membina diri
3) Mujijat terjadi karena ada perbuatan baik

kita dapat melakukan pertobatan dengan baik dengan hati bening,intopeksi,pemahaman pada kebenaran.
Cara membina diri ( Pesan CHANG SEN TA TI):
"menjalankan pembinaan diri mengandalkan hati yang semula (polos seperti bayi yang baru lahir, tanpa ada kekotoran hati), hati yang semangat. Pertahankan hati yang demikian menjalani perjalanan di dalam membina
 diri"

demikian posting yang saya ulas setelah saya mendapatkan dari senior saya. semoga bermanfaat bagi semua orang. apabila ada tulisan saya yang tidak berkenan di hati,sebelumnya saya minta maaf


LIFE IS SHORT
PRAY HARD !

Cara Mematahkan/Menghancurkan Kerisauan Diri

Begitu banyak manusia di dunia ini. meskipun kita pernah bertemu seseorang yang wajahnya sama dengan kita,yang pasti watak pasti berbeda. pernah nih saya sekolah di bali,saya ketemu dengan perempuan yang wajahnya sama dengan saya,namanya aja hampir sama.cuma nama dia sama dengan nama belakang saya.banyak juga orang yang pacaran selalu merayu mengatakan kamu cantik. jangankan orang pacaran,seringkali kita bertemu dengan orang di jalan kita dapat menilainya, cantik atao jelek.
nah....saya akan membahas hal ini.
Sebagai manusia,sebaiknya kita jangan menilai seseorang dari luarnya. Jadi kita harus mengenal,menganalisa,mencari kebenaran hati. Jangan terpengaruh pada yang kita lihat atau yang kita dengar. apabila kita terpengaruh maka akan muncul ke-egois-an dan kemelakatan pada duniawi. emang sih kita hidup d dunia dan di dunia sada banyak barang2 duniawi yang memikat panca indera kita tapi kita juga tidak boleh lupa bahwa kita hidup di dunia ini mempunyai misi yang harus di laporkan ke"ATAS". 
Semua orang pasti mempunyai permasalah yang berbeda. dari yang ringan sampai terberat. Apabila ada masalah,pasti ada penyelesaian,hanya menunggu waktu saja. Sebenarnya persoalan / permasalah hanyalah permasalahan saja (jangan di anggap rumit,ntar malah muncul penyakit,tambah lagi deh masalahnya...)
Permasalahan muncul maka Kearifan kita akan bertambah apabila kita dapat menyelesaikan dengan kebenaran.
Dalam membina diri,kita mendapat persoalan tidak lepas dari karma yang kita tanam.
Kerisauan pikiran,biarkan saja dengan hati yang tenang maka kerisauan akan hilang dengan sendiri.Begitu ada kerisauan jangan dijadikan sebagai persoalan/kesulitan
Cara mematahkan kerisauan diri yaitu dengan Intropeksi diri, Jangan menyalahkan orang lain, dan Jangan mengeluh (selalulah bersyukur apapun yang kita dapat). oiya, ada satu lagi yang penting. selalulah TERSENYUM! mengapa? karena apabila kita bertemu dengan orang lain dengan tersesenyum dan menyapa dengan ramah maka kita membagi kebahagian kepada orang itu dan pancaran kebahagian itu akan kembali kepada kita. Jadi kita menjalani hidup ini dengan bahagia setiap harinya.

Semua ini saya dapatkan dari Pandita saya. saya berpikir bahwa apa yang di bicarakan oleh Pandita saya adalah benar semua,oleh karena itu saya ingin membagi kebenaran dan kebahagian ini pada kalian semua
SEMOGA BERMANFAAT BAGI YANG MEMBACA. Apabila ada kesalahan dan ada yang tidak berkenan di hati kalian, saya minta maaf......

BE VEGETARIAN!





Add caption
Ghiboo.com - Tak ada salahnya kini Anda mulai menjadi vegetarian. Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi diet vegetarian bisa membuat Anda lebih bahagia dan mengurangi stres.

Makanan seperti ikan dan daging ternyata mengandung arachidonic acid (AA), sejenis omega-6. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa menyantap makanan yang mengandung AA tingkat tinggi dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang mengganggu kinerja otak.

Secara teori, mengonsumsi ikan amat baik karena mengandung omega-3 fatty acids, seperti eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Bahkan EPA dan DHA dapat melawan dampak negatif dari AA. Peneliti juga sudah mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan mengandung omega-3 fatty acids berkaitan dengan peningkatan kesehatan otak, suasana hati yang lebih baik dan sebagainya.

 

Namun baru-baru ini, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menyantap makanan serba daging dan ikan dilaporkan mengalami perubahan suasana hati lebih buruk dibandingkan seorang vegetarian, meskipun asupan DHA dan EPA-nya tinggi.

 

Dalam sebuah penelitian lanjutan, peneliti mengamati 39 orang pemakan daging dan dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diminta untuk makan daging, ikan dan telur unggas setiap hari. Kelompok kedua disuruh makan ikan saja 3-4 kali setiap minggu, sementara kelompok ketiga makan serba sayuran.

Setelah dua minggu, peneliti menemukan adanya perubahan skor suasana hati pada kelompok pemakan ikan dan daging. Namun, kelompok vegetarian justru memiliki suasana hati yang secara signifikan lebih baik dan lebih sedikit stres.

Peneliti juga menemukan pada kelompok pemakan ikan, jumlah EPA dan DHA mereka mengalami peningkatan hingga 95-100 persen, dan sayangnya tidak mampu melawan stres dan perubahan suasana hati, dibandingkan pada kelompok vegetarian.


source: Yahoo.com 

BACA JUGA:

Plus minusnya jadi vegetarian
Jamur, pengganti protein hewani bagi vegetarian
Amankah jadikan si kecil vegetarian?
Positifnya sayuran dan negatifnya daging